Kamis, 07 Juli 2016

SECARIK KENANGAN DALAM KARDUS

TIDAK banyak yg dapat dilakukan cowo ketika diputusin sama cewenya.
Padahal banyak prosesi yg terjadi ketika kita diputusin.
Berawal dari proses yg sederhana namun berakhir tidak sederhana.
Berawal dari kalimat yg simple , 'kayaknya kita mulai sekarang temenan aja deh'
Apa yg bisa dilakukan cowo pada saat itu, hanya diem sebentar dan menjawab 'oh... ya udah'
Itu mungkin beda kalo kita nonton drama korea, yaitu saat Lee Min Ho di putusin Ma ijul, pada saat itu kamera otomatis akan langsung ngezoom ke mata Lee Min ho dan dia bilang dengan nada tinggi : 'APAAA.. Kita putus ????' Diiringi dengan backsound :  'jeng jeng..'
Atau bila di senetron senetron tv , saat cewe nya mutusin cowo nya, maka seketika itu juga cowonya langsung panik lalu naik elang dan loncat bunuh diri..

Dan biasanya cowo kalo diputusin dia bakalan sekuat mungkin menahan supaya tidak menangis saat itu juga, biasanya cowo akan bersikap so cool .
Pesan moralnya adalah : Harga diri lebih penting dibandingin perasaan hati

SAMA seperti yg gue alamin saat gue di putusin Okta kemaren.
Dia ngajakin ketemuan disebuah càfe.
Awalnya seperti gak ada apa, bercanda seperti biasa.
Namun kalimat itu akhirnya keluar juga, 'kita temenan aja ya , kayaknya kita udah gak cocok lagi deh..' (dia ngomong pelan, seakan akan menjaga perasaan gue supaya gak menangis sambil meraung raung saat itu juga)..
Emang sih akhir akhir ini kami sering berantem, ke tidak cocokan diantara kami pun mulai terlihat, dari dia yg suka nya Makan Spagheti,sedangkan gue suka nya sumay ma Abid. Dari dia yg sukanya Exxo, sedangkan gue yg suka Jkt48, dan yg paling parah yg membuat kami berantem adalah gara gara dia  suka Cowo, sedangkan gue suka cewe ..
Aneh..

Kami memang tidak cocok , tapi ketidak cocokkan tidaklah pantas dijadikan sebuah alasan perpisahan ini.

Sebenarnya Ada dua opsi yg bisa gue ambil pada saat gue diputusin tadi, yaitu : 1). Gue bersikap so cool seperti yg gue jelasin tadi. Atau yg ke- 2). Gue lari ke luar Cafe lalu menyundul warung mama Abid.
Karna di luar gak ada warung mama Abid,  gue pun memilih nomer satu, yaitu bersikap so cool.

Ketika diputusin, gue cuma bisa menjawab
'Maksud nya ?' (Dalam hati: 'SERIUOOOS NIH ?')
Okta: 'iya.. kita putus, karna kita kaya nya udah gak cocok lagi deh '
Gue: oh ya udah .. (dalam hati: 'TIDAAAAAAAAK !!!!')

Okta: yaudah aku pulang duluan ya
(Okta beranjak dari kursi makan dan mulai pergi dari cafe)

       Gue diem (dalam hati nyanyi : 'jika memang harus berpisah... cinta satu malam oh indah cinta satu malam buat ku melayang...')

    Putus cinta itu ibarat disengat lebah, awal nya biasa biasa aja, tapi pada akhirnya mulai ada benjolan dan sakit..

Gue juga pada saat itu awalnya biasa biasa aja, gue yg pulang naik sepeda motor sport , yaitu Tiger Z tidak merasakan sedih awalnya, bahkan gue sampai sempet sempet nya teriak 'Zeeeeeet' ditengah jalan. Gue naik motor dengan cool pake kacamata item kayak Al gazali, dan  temen temen cewe gue yg ngeliat pada teriak histeris ketika gue lewat, Dari Ica, nahda, ijah , hikmah sampai Piah juga ikutan teriak, khusus buat piah langsung gue ranjah !!!

     Mampus loh !!

  Sesampai dirumah, gue masuk kedapur. Dan pada saat itu lah perasaan itu muncul, gue mulai merasakan sakit nya putus cinta, berasa seperti ada yg beda pada saat itu.
Ditengah kegundahan hati gue, mama gue nyamperin gue dengan mata berbinar binar, beda dengan mata gue yg redup, mata orang yg baru disalahkan dalam sebuah hubungan..

Mama gue Mempunyai ciri khas tersendiri kalo lagi punya kabar gembira, yaitu Dia bakalan loncat loncat kaya Dora The Explorers yg Kemasukan es batu dalam celananya.
Mama gue bilang 'Minggu kaina kita pindah rumah loh '
Gue cuma bilang: 'asiiiik ..  pindah rumah' (gue menjawab datar)
'Ih ikam ni kada kwa dibawai bapandiran kah' (ibu gue menjawab sewot..)

Jujur pada saat itu gue emang gak bisa diajak ngobrol. Well, karna gue baru putus.
Satu satu nya ajakan mama gue yg bisa gue turutin adalah nonton film Titanic bersama sambil ngabisin tisu. Apalagi saat Adegen Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet.
Leonardo bilang 'you jump, I jump'
Gue mungkin akan teriak 'kamu kenapa gak terjun bareng Leonardo, kenapa kamu terjun sendirian, sayang ??'

'Dan !, ikam mandangar akan mama lah bapandir ? Ibu gue mengguyarkan lamunan gue, seandainya enggak, mungkin lamunan gue bakalan agak ke banci banci an..

'Dan , ikam kanapa ??

Gue memilih untuk tidak menjawab

'Ikam kenapa dan..? Mata ikam kosong .. kaya kahilangan akal pikiran.. ikam ma ubat kah ??'

'Ulun putus ma ae' gue menjawab pelan
'Lawan si Anu kah?'   Mama gue gak nyebutin namanya
'Inggih ma ae.. '
'Hah si Anu... ???? Ibu gue nanya lagi
'Iya si Anu... !

Mungkin orang yg gak tau apa apa, akan mengira kalo gue diputusin oleh alat kelamin seseorang

'Kenapa bisa putus lawan inya, dan ? Padahal inya tu baikan lo ?
'Bujur pnk ma ae, tapi kan...'
'Tapi kenapa ??  Aparank alasannya inya mutusi ikam ?
'Karna kami udah gak cocok lagi'
'Hah... itu doank ??
Mungkin mama gue membutuhkan jawaban yg lebih dramatis seperti di Reality show yg sering dia tonton, yg alasan kaya gini:
'Kamu kenapa putus ??'
'dia tau, kalo aku simpenan janda ...'

Tiba tiba bapak gue yg imbah ba tukang nanya, 'kanapa pulang nih ?'
'Ini nih si wildan putus pulang..' .mama gue nyahutin
'Hah putus ?? Pasti ikam yg salah '
'Kenapa ulun yg salah ?? (Gue bingung)
'Ikam tu ku lihat kurang perhatian sama pacar ikam, coba waktu inya kalapahan, ikam yg ngipasi. Waktu inya kahausan , ikam yg maambil akan minuman'
Sejauh ini gue rasa bapak gue gak bisa bedain antara pacar sama asisten pribadi.

'Yaudah, ikam basuh muha dulu gin kapajijipan sana, karau banar muha tu. Eh jangan kada ingat, minggu kaina kita pindah rumah'

Gue pun mulai mengeluarkan pertanyaan yg sejak tadi gue tahan : ' kenapa sih kita harus pindah ?'
Ibu gue menjawab:
'Wildan  .. wildan.. rumah kita sudah talalu kipit, hagin kita. Makanya kita harus pindah ka rumah yg labih ganal lagi'

Gue diem..

Mungkin ini masalahnya, seperti rumah ini yg jadi lebih sempit buat keluarga kami, gue juga terlalu sempit buat dia.
Dan ketika sesuatu yg sudah mulai sempit dan tidak nyaman, selama itulah seseorang harus pindah ketempat yg lebih luas dan dirasa cocok untuk dirinya.
Rumah ini tidak salah, gue juga tidak salah, yg kurang tepat itu bila dua hal yg dirasa sudah tidak lagi saling menyamankan tetap di pertahankan untuk bersama
Mirip seperti dia.
Dan dia memutuskan untuk pindah..

Seminggu setelah mama gue memberi tau, hari hari berikutnya gue isi dengan mempersiapkan semua barang yg berharga dirumah gue. Dari itu lah kenangan kenangan masa lalu mulai bermunculan di ingatan gue.
Gue ingat pertama kali gue bantu mencat rumah ini, walau bukannya mencat tapi lebih mirip nyoret nyoret.
Gue ingat saat pertama kali masuk TK gue terlambat gara gara rumah gue cukup jauh dari sekolah.
Gue ingat saat pertama kali gue nyoret nyoret rumah ini dan imbah tu di pupuhi..
Semua kenangan kenangan masa lalu mulai bermunculan di otak gue. Dari pertama kali tinggal sampai sekarang ini..

Putus cinta sejatinya adalah suatu perpindahan
Bagaimana kita pindah dari satu hati ke hati yg lain. Kadang kita rela untuk pindah, kadang kita yg dipaksa untuk pindah oleh orang yg kita sayang, kadang bahkan kita yg memaksa orang tersebut untuk pindah.
Ujung ujungnya sama: kita harus bisa maju, meninggalkan yang sudah menjadi ruang kosong.
Sama seperti memasukan barang ke kardus, gue juga harus memasukan kenangan gue dengan orang gue sayang ke dalam kardus kecil.

Dan sama ketika putus, kenangan yg timbul paling kuat adalah yg paling awal .
Seperti hal nya ketika gue dipupuhi mama gue tadi.
Gue ingat sewaktu awal awal ketemuan sama dia, awal awal yg begitu menyenangkan.
Gue ingat bagaimana kami ketemu tanpa sengaja. Gue ingat pertama kali kami berantem, yg dulu gue anggap sebagai suatu hal yg lucu.
Gue ingat saat pertama kali kami baikan, dengan saling menyentuhkan kelingking satu sama lain.
Gue ingat dia pertama kali bawain gue makanan, gue juga ingat pertama kali gue juga bawain dia makanan.
Lucu ya, bagaimana semua putus cinta yg menyedihkan berawal dari jatuh cinta yg menyenangkan.
Ya sudah lah, bagaimana pun juga kenangan yg memaksa untuk diingat harus dimasukan kedalam kardus..

-Selesai-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar